Minggu, 30 November 2014

Obyek Wisata Air Terjun Santi di Pati

Obyek Wisata Air Terjun Santi di Pati - Wilayah Pati Sangatlah bangga rasanya mengulas tentang keindahan wahana alam di kabupaten dibagian Utara Jawa Tengah ini. kabupaten Pati mempunyai kelebihan dengan lokasi yang mempunyai potensi berlainan. Lokasi kabupaten Pati sangat banyak memberi peran wisata Jawa Tengah yang menawan. Pada kesempatan ini, saya bakal membahas tentang potensi pegunungan yang menarik di Kabupaten Pati. Potensi yang bakal saya bahas tentang Air Terjun Tretes di kabupaten Pati. Air terjun sebagai daya tarik di lokasi pegunungan nyatanya juga dipunyai oleh kabupaten Pati. Sedikit orang yang tahu perihal potensi wisata Pati yang sangatlah indah serta alami ini. Mari kita bahas tentang obyek wisata Pati yang belum terekspos dengan cara umum ini, tempat wisata Air Terjun Tretes.

Air terjun Tretes adalah sisi dari dua air terjun di desa Gunungsari, kec. Tlogowungu, Kab. pati, Jawa Tengah. Warga sekitar lebih mengenal dengan nama paduan dari dua air terjun yang berada di desa itu dengan sebutan Air Terjun Santi. Air terjun Santi dibuat dari dua air terjun yang terpisah serta mempunyai ketinggian yang tidak sama, yakni Air Terjun Tretes serta Air Terjun Jenar. Walau air terjun Santi ini terdiri jadi 2 air terjun yang terpisah, namun keindahan yang dipertunjukkan akan tidak pernah terdiri serta kurangi antar air terjun. Keindahan yang dipertunjukkan sangatlah mengagumkan serta memanjakan pengunjung yang datang.

Air Terjun Tretes Kabupaten Pati

Obyek Wisata Air Terjun Santi di Pati

 

Air terjun Tretes mempunyai karakteristik air terjun yang kecil dengan debet air tak terlampau besar serta dengan kedalaman terjunan air tak terlampau dalam. Air terjun Tretes mempunyai jarak tempuh dari pusat pemukiman yg tidak terlampau jauh, hingga pada hari libur tempat ini dipenuhi oleh pengunjung dari daerah asli ataupun dari daerah seputar. Aspek belum populer serta kurangnya info yang menyebar bikin tempat yang indah ini belum maksimal di nikmati oleh pengunjung luar daerah.

Air terjun Jenar mempunyai karakteristik tidak sama dengan saudaranya yang terdapat dibawahnya. Air terjun Jenar mempunyai debet air yang semakin besar dengan kedalaman terjunan air yang lebih dalam dari Air Terjun Tretes. Tidak sering tempuh seputar 500 mtr. diatas air terjun Tretes.

Keindahan air terjun ini berpadu cocok dengan perkebunan kopi punya warga yang tumbuh dengan subur di lereng tebing timur Gunung Muria. Sungguh jadi panorama yang memanjakan pengunjung untuk menolong menyingkirkan kepenatan.

Air terjun Santi (Air Terjun Tretes serta Air Terjun Jenar) ada di lokasi kabupaten Pati sisi utara barat, tepatnya ada di Dukuh Santi, Desa Gunungsari. Akses jalan menuju tempat air terjun bisa ditempuh dari sebagian jalur. Pertama dari jalur Dukuh Santi, Desa Gunungsari serta yang ke-2 dari Dukuh Jetir, Desa Tanjungsari. Umumnya akses jalan termudah yang paling banyak dilewati oleh pengunjung yaitu lewat Desa Gunungsari.

Akses diawali dari kota Pati yang lalu dilanjutkan ke arah jalur Pati-Tayu. Sesampai di kecamatan Trangkil, bakal diawali jalur paling utama menuju ke desa Gunungsari. Jalan paling utama itu tepatnya ada di depan Puskesmas Trangkil. Ikuti jalur paling utama itu hingga di desa Gunungsari. Desa itu desa  paling akhir untuk menuju ke air terjun Tretes. Kendaraan bakal dititipkan di perumahan warga dengan membayar ongkos parkiran seputar Rp2. 000, - per kendaraan.

Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan :)
Comments