Rabu, 03 Desember 2014

Kuliner Pati Soto Kemiri

Kuliner Pati Soto Kemiri - Selain Nasi Gandul gandul, kota Pati juga Mempunyai kuliner khas lainya yaitu Soto Kemiri. Soto ini tidak sama dengan soto di daerah lain, soto kudus contihnya mempunyai ciri kuah yang bening. Soto kemiri hampri sama dengan soto Jakarta yang kuahnya di beri santan serta berwarna kuning. Soto kemiri memakai daging ayam yang telah dibumbu kuning, tidak sama dengan soto Jakarta yang memakai daging sapi. Seperti Nasi gandul, kuah soto kemiri sangatlah kental serta bersantan. Tetapi, warnanya kuning serta terasa lebih gurih.

Kuliner Pati Soto Kemiri


Kuliner Pati Soto Kemiri

Ciri yang khas dari soto kemiri ini adalah lauk tambahannya. Ya, disediain juga lauk tambahan sebagai teman menyantap semangkok soto kemiri. Lauk tambahan yang sering dijumpai di tempat yang menjual soto kemiri adalah berbagai bagian ayam, mulai dari kerongkongan, dada, sayap, hingga jeroan. Namun, ada juga yang terkadang menyediakan tempe goreng dan perkedel.

Utk menambah citarasa, perasan jeruk nipis ditambahkan ke dalam soto. Bila suka rasa yang pedas dapat di beri sambel pedas. Bila suka yang manis tinggal imbuhkan kecap manisnya. 
Walau namanya Soto Kemiri, soto ini tidaklah berbumbu spesial kemiri. Nama kemiri yaitu nama desa dimana soto banyak di kenal. Desa Kemiri juga terdapat di bagian timur kota Pati, di jalan paling utama Pati-Juana. Di desa ini banyak warung-warung soto yang buka di pingir-pingir jalan.
Baca Juga oleh oleh khas kota Pati

Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan :)
Comments