Kamis, 04 Desember 2014

Mantan Kades Porang paring Sukolilo di tahan Karena Korupsi

Mantan Kepala Desa Porang Paring, Kecamatan Sukolilo, Suparman dan anaknya. Mulyawan, Rabu (3/11) ditahan oleh Kejaksaan Negeri Pati.
Mereka diduga telah melakukan tindak pidana korupsi dana proyek sosial bantuan stimuIan pemugaran rumah milik warga kurang mampu dan anggaran bantuan perbaikan sarana prasarana fasilitas umum.
Kepala Kejaksaaan Negeri Pati, Widodo turut mengamini adanya penahanan kedua orang yang telah dikenai status tersangka tersebut. Dia mengatakan penahanan tersebut dilakukan pada Rabu (3/11) sekitar pukul 1 3.00.

Mantan Kades Porang paring Sukolilo di tahan Karena Korupsi


sementara  kedua  tersangka dititipkan  di rumah tahanan. Untuk Penahan Pertama ini akan dilakukan selama 20 hari.kemungkinan di lakukan perpanjangan.
Dia juga mengatakan pihaknya saat ini telah mengumpulkan barang bukti dan saksi termasukdokumen pencairan dana  stimulan pemugaran rumah milik warga kurang mampu dan anggaran bantuan prasarana, saran dan utilitas umum (PSU) tahun 2011.

Sementara itu Kasi pidana Khusus Kejari Pati Heru Haryanta mengatkan kalau proyek tersebut memiliki anggaran Rp 450 juta, dengan rincian Rp 250 juta untuk dana bantuan perbaikan rumah warga kurang mampu dan yang 200 juta lagi untuk perbaikan sarana prasarana fasilitas umum.
Indikasi lain, tersangka juga diduga memberikan bantuan tersebut bukan dalam bentuk yang semestinya. Bila seharusnya bantuan tersebut diberikan dalam bentuk uang tunai Rp 5 juta, namun dalam temuan awal diketahui tersangka memberikan dalam bentuk material bangunan dan diperkirakan nilai material bangunan tersebut hanya senilai 2,5 juta.

akibat perbuatannya tersebut tersangka dikenakan Pasal 2 atau 3 Undang-undang 31 Tahun 1999 jo Pasal 55 KUHP tentang Tindak Pidana Korupsi.
Dengan tindakan nya ini Negara dirugikan sekitar Rp 102.889.000 dari total anggaran Rp 250.000.000,- sedangkan kerugian atas pelaksanaan pembangunan fasilitas umum mencapai 85 jutaan dari total bantuan Rp 200.000,-.

Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan :)
Comments