Jumat, 12 Desember 2014

Pembkab Pati Merintis Desa Mandiri Biogas

Pembkab Pati Merintis Desa Mandiri Biogas - Makin langkanya sumber energi yang berasal dari fosil seperti BBM  dan LPG tak jarang membawa kendala bagi masyarakat. dari kondisi itulah Pemerintah daerah Pati berupaya mengembangkan Energi alternatif terbarukan.

Pembkab Pati Merintis Desa Mandiri Biogas


Kalau ditangani lebih mendalam sebenarnya potensi Energi alternatif di daerah kabupaten Pati sangat menjanjikan. khususnya untuk energi Biogas dan Ethanol. Biogas merupakan energi alternatif yang diproses dari kotoran ternak, sedangkan Ethanol merupakan hasil dari pengolahan tetes tebu.
Menurut Kasi Pengembangan dan Penerapan IPTEK Pati Bpk, Sugiarto, Pembkab Pati sudah merintis Empat desa agar dapat mandiri Biogas. Keempat Desa tersebut adalah:

  1. Desa Sumbersari Kayen
  2. Desa Tamansari Kecamatan Jaken
  3. Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo
  4. Desa Tegalrejo Kecamatan Dukuhseti
dari keempat desa tersebut sudahdiberikan alat digester atau alat kotoran sapi menjadi gas, dari alat tersebut dapat menghasilkan Biogas yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk memasak maupun peneangan. Biogas yang dihasilkan dari alat ini memiliki  tekanan yang cukup rendah, sehingga sangat aman untuk digunakan. Namun alat ini juga menhasilkan limbah berupa bubur kotoran cair dan bisa digunakan untuk pupuk organik.
Pada masa mendatangLitbang Pati akan mengembangkan instalasi Biogas ke setiap desa karena begitu banyaknya manfaat biogas tersebut.
Menurut Kasi Pengembangan dan Penerapan Iptek Pati saat ini sedang mengkaji daerah Pati selatan seperti Kecamatan Winong, Jakenan, dan Jaken. karena pada daerah ini banyak masyarakat yang berprofesi sebagai peternak sapi. sehingga daerah ini layak untuk dikembangkannya BIOGAS.


Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan :)
Comments