Sabtu, 27 Desember 2014

Pesona Keindahan Pegunungan Kendeng Sukolilo Terancam Hilang


Keindahan alam Pegunungan Kendeng Memang sangat luar biasa. Jika Pemerintah peduli akan keindahan Pegunungan Kendeng, wilayah ini sebenernya berpotensi untuk menjadi daerah pariwisata alami. Namun Keindahan alam Pegunungan Kendeng sekarang ini mulai terusik oleh rencana pemerintah daerah yang merencanakan untuk mengijinkan investor dalam mendirikan Pabrik Semen.

Rencana pembangunan penambangan di Pegunungan Kendeng Sukolilo Kabupaten Pati oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk ini sangatlah membuat masyarakat Sekitar pati khususnya Kayen dan sukolilo, menjadi tidak nyaman. Pasalnya Pro kontra pembangunan pabrik semen masih berlangsung sampai saat ini, walau sosialisasi rencana pembangunan pabrik semen tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2010 lalu. namun warga sekita masih tetap menolak karena sangat kuiatir dengan dampak yang akan terjadi jika  pabrik semen ini jadi berdiri.
Pesona Keindahan Pegunungan Kendeng Sukolilo Terancam Hilang
Pegunungan Kendeng Sukolilo Pati. diambil dengan Kamera Samsung I1850
Sebenarnya selain pabrik semen sebenarnya masih ada cara lain unuk menggali sumber alam di pegunungan Kendeng ini, salah satunya adalah sektor pariwisata. karena selain pegunungan kendeng yang mempesona keindahan di daerah ini masih banyak sumber alam yaitu Gua Pancur dan Guwareh adalagi Danau tadah Hujan. semuanya itu memilki keindahan yang luar biasa yang patut dijadikan daerah pariwisata.
sebenernya di pegunungan Kendeng ini Terdapat banyak  sumber mata air . Kecamatan Sukolilo saja ada kurang lebih 200 sumber mata air. Di Kecamatan Kayen serta Kecamatan Tambakromo bila tak salah ada 109 mata air. Itu baru di sisi Pegunungan Kendeng yang menghadap ke lokasi Pati belum yang ke sisi menghadap Kabupaten Grobogan.
Pesona Keindahan Pegunungan Kendeng Sukolilo Terancam Hilang
Pegunungan Kendeng Sukolilo Pati. diambil dengan Kamera Samsung I1850

Pesona Keindahan Pegunungan Kendeng Sukolilo Terancam Hilang

Menurut warga, masyarakat sekitar sangatlah bergantung pada sumber mata air terdapat di lokasi Pegunungan Kendeng tersebut.  Jikalau pabrik semen jadi berdiri akan membuat kuatir warga di Sukolilo. Walau lokasi ini tak masuk ke daerah konsesi, dampak dari penambangan besar-besaran di satu titik Pegunungan Kendeng, bakal beresiko keseluruhannya. Sama dengan manusia, pegunungan Kendeng juga satu kesatuan. Manusia, bila tangannya terluka, semua badan bakal turut merasakan sakitnya.

Di salah satu Desa, ada suatu sumber air yang dinamai Sumber Sentul. Menurut salah satu warga , semua warga Dukuh Misik, kurang lebih 300 kepala keluarga, dalam  memenuhi kebutuhan air u ntuk kebutuhan sehari hari warga sangat bergantung pada sumber itu. 

Sekarang ini, debet air di Sumber Sentul semakin menyusut. selain karena faktor usim kemarau, juga karena banyaknya lokasi hutan di Pegunungan Kendeng yang sudah gundul. Selain itu, ada empat pohon besar di seputar sumber air yang sudah rubuh. Kalu hutan gundul saja sudah berdampak kekeringan yang luar biasa apalagi kalau sudah berdiri pabrik semen.? Maka dari itu pemerintah kabupaten pati pati harus berhati hati dalam memutuskan persoalan ini. Pemerintah harus memperhitungkan dampak negatif dan positifnya jika ada pabrik semen terutama dapak negatif terhadap penduduk sekitar gunung kendeng.
Tida bisa dipungkiri kalaupun Pabrik Semen tidak berdiri pegunungan Kendeng lambat laun juga rusak karena banyaknya penambang batu kapur liar semakin bertambah banyak. kita saja langsung para penambang yang deke jalan raya Pati- Purwodadi, di situ banyak sekali penambangan yang sangat mengancam pegunungan kendeng.
Melalui Artikel ini admin berharap semoga warga sekitar sukolilo dan kayen agar bisa ikut menjaga pegunungan Kendeng. Sebab jika alam sudah marah maka bencana pasti akan datang ..itu kata Ebiet hehehe..

Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan :)
Comments