Senin, 01 Desember 2014

Sejarah Asal Usul Adanya Pintu Gerbang Majapahit di Kota Pati


Sejarah asal usul adanya pintu gerbang Majapahit yang berada di kota Pati berawal dari suatu Peristiwa dimana Sunan Muria yang tak mengakui putranya sendiri yang bernama Raden Bambang Kebo Nyabrang, anak dari perkawinannya dengan Dewi Sapsari, putri dari Sunan Muria.

Sejarah pintu gerbang Majapahit berlanjut, Sunan Muria (Raden Umar Said) yang disebut putra dari Kanjeng Sunan Kalijaga ini meminta Raden Bambang Kebo Nyabrang untuk membawakan Sebuah  pintu gerbang Majapahit untuk dia jika Kebo Nyabrang ingin diakui sebagai anak Sunan Muria.

Pada masa itu Sunan Muria sedang menjankan syiar Islam ke luar daerah (Muria), bersamaan dengan kondisi Dewi Sapsari sedang hamil Dan Sunan sadar betul kalau beliau sudah lama tak menjenguk istrinya dalam waktu yang cukup lama. sehingga Sunan Muria tidak mau mengakui Kebo Nyabrang sebagai anaknya.
Sesudah dewasa, Raden Bambang Kebo Nyabrang disuruh ibunya untuk menyusul ayahnya di daerah Muria. Dari sini, ikut serta percakapan yang agak serius dimana Sunan Muria tidak ingin mengakui Kebo Nyabrang sebagai anaknya bila tidak dibawakan pintu gerbang Majapahit.

Dari kisah ini sejarahnya Pintu Gerbang Majapahit sedikit terkuak yaitu Pintu Gerbang Majapahit berasal dari perjuanganya Kebo nyambrang dari daerah Trowulan/Majapahit.Agar diakui sebagi anak dari Sunan Muria yang sebagamna telah dijanjikan oleh Sunan Muria Sendiri.

Sejarah Asal Usul Gerbang Majapahit di Pati
Pintu Gerbang Majapahit di Kota Pati, Yang sekarang menjadi obyek wisata paling populer di pati
Sekarang ini pintu gerbang Majapahit jadi wisata sejarah yang paling direferensikan di Kota Pati. karena kita bakal disuguhkan suatu seni peradaban yang bernilai tinggi, Sejarah Nusantara yang kisahnya butuh jadi suri teladan untuk anak cucu kita.

Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan :)
Comments