Senin, 28 November 2016

Kuliner Asli Khas Purwodadi, Sego Jagung Bothok Yuyu

Kuliner - Salah satu kuliner yang khas di kota Purwodadi adalah Sego Jagung Sayur Lompong Bothok Yuyu. Untuk membuat Sego jagung atau nasi jagung, tidaklah mudah semua membutuhkan kesabaran dan proses yang panjang, mulai harus membuat tepung jagung sampai menjadi nasi jagung kalau orang purwodadi biasa menyebutnya dengan nama sego brabuk.

Kuliner Asli Khas Purwodadi, Sego Jagung Bothok Yuyu


Kalau jaman dahulu untuk membuat nasi jagung yang berasal dari tepung jagung , orang biasa mmembuat tepungnya dengan cara ditummbuk sampai halus lalu di ayak diambil twmpung yang paling lembut. sebab kalau tepungnya tidak halus maka nasi jagung akan jadi keras dan menggumpal.Namun pada jaman sekarang untuk membuat tepung jagung sangat mudah dan cepat karena sekarang sudah ada mesin pembuat tepung atau selep jagung.

Pada  proses pembuatan sego brabuk langkah pertama yang harus dilakukan adalah merendam terlebih dahulu tepung jagungnya kurang lebih selama 3 hari, hal ini dilakukan agar rasa dari dari nasi tidak kecut atu asam. setelah selesai direndam barulah tepung endaman tadi dimasakkurang lebih 4 jam smpai nasi benar benar sudah empuk.dalm proses pembuatan nasi jagung ada 2 proses yaitu tapung ngaron dan ngaru. Tapung ngaron maksutnya nasi sudah setnegah matang , habis itu di masak dengan kukusan inilah yang namanya ngaru.

Setelah Nasi sudah jadi langkah selanjutnya yaitu menyiapkan menu tambahanya yaitu bothok yuyu. Yuyu sendiri banyak terdapat di sawah sawah. yuyu di tumbuk sampai halus lalu dikasih bumbu terus dibungkus dengan daun pisang lalu dimasak dengan cara di kukus.

Yang kedua yaitu membuat sayur Lompong  + Lemi.
Untuk membuat sayur Lompong cukup menyiapkan sayur lompong yang banyak tumbuh diperkarangan rumah, caranya yaitu lompong yang sudah dicuci lalu di potong potong sepanjang kurang lebih 5 cm, terus di rebus lalu dimasukan bumbu bobor. dan jangan lupa untuk menambahkan Lemi nya. Lemi merupakan telur yuyu yang di oseng.

Setelah semuanya siap barulah menjadi sebuah hidangkan yang khas di kota Purwordadi, yang namanya "Sego jagung Sayur Lompong + Lemi".
Biar tambah nikmat lagi sebaiknya dalam menyatapnya dilauki Mendowan goreng, sambel goreng. weeeeeh Nikmat betul pokoknya.

Itulah sedikit ulasan mengenai Kuliner Khas Purwodadi,  Sego Jagung Sayur Lompong + Lemi. kalo lagi jalan jalan ke purwodadi jangan lupa untuk mampir sejenak, sekedar untuk mencicipi kuliner yang satu ini. mengenai tempat yang jualan nasi ini, di sekitar Simpang Lima Purwodadi banyak yang menjual kuliner yang satu ini.

Baca juga Kuliner Khas blora

Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan :)
Comments