Senin, 28 November 2016

Kuliner Khas Asli Blora, Jawa Tengah

Kuliner Khas Asli Blora, Jawa Tengah - Kabupaten Blora ini merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Tengah . Ibukotanya adalah Kota Blora, sekitar 127 km sebelah timur dari Semarang. Berada di bagian timur Jawa Tengah, selain berbatasan langsung dengan jawa timur, Blora terletak di sebelah selatanya Kabupaten Rembang sama Kabupaten Pati , Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro (Jawa Timur) di sebelah timur, Kabupaten Ngawi (Jawa Timur) di selatan, untuk paling ujung barat bebatasan langsung dengan Kabupaten Grobogan.

Blora merupakan salah satu kota yang memiliki beragam kuliner khas, makanan yang khas banget dan asli mudah didapatkan di kota ini, tidak heransetiap orang yang berkunjung ke Blora sangat ingin merasakan kuliner khas Blora yang lezat itu, ada pula orang yang sengaja pergi ke Blora hanya untuk mencicipi kuliner khas blora, Di bawah ini merupakan kuliner khas blora yang patut anda coba
jika anda hendak berlibur ke kota blora :

Berikut ini hanya beberapa Kuliner Khas Asli Blora, Jawa Tengah yang paling populer saat ini:

1. Sate Kambing Blora


Kuliner Khas Asli Blora, Jawa Tengah

Di blora tak hanya sate ayam yang khas namun sate kambingnya juga merupakan makanan khas yang lezat, kelezatan sate kambing Blora ini tidak kalah dengan sate lainnya di daerah lain di indonesia, terbukti para wisatawan dari luar kota Blora sangat tertarik dengan sate blora ini, sate kambing khas blora ini juga mudah ditemui karena banyak orang yang menjual masakan ini.

2. Dumbeg

 

Dumbeg ini merupakan jajanan khas Blora yang sudah terkenal. makanan ini biasanya hanya tersedia pada saat acara sakral digelar seperti tasyakuran sedekah bumi maupun sepasar manten. Makanan ini terbuat dari tepung nasi yang dibumbui dengan gula kelapa yang kemudian dibungkus menggunakan daun kelapa yang masih muda  ( blarak ) dengan cara dililitkan menyerupai kerucut. Dumbeg rasanya sangat khas. Namun yang paling khas dan menarik adalah aroma pembungkusnya yang terbuat dari daun kelapa. Karena mengalami proses pemanasan, maka bau daun tersebut tersebut meresap ke dalam makanan. Hal ini menimbulkan aroma yang khas.

3. Soto Blora

 
Kuliner Khas Asli Blora, Jawa Tengah

Soto blora ini beda dari soto yang lain, dengan pengolahan dan paduan bumbunya yang lain dari yang lain, menjadikanya soto ini menjadi cirikhas nikmatnya. Makanan yang asli berasal dari Solo ini,diolah kembali dengan takaran takaran yang pas dan nikmat, dan yang membuat soto blora menjadi khas karena Kletuk, kletuk adalah potongan potongan singkong yang sudah di kukuk terlebih dahulu,sehingga rasanya unik namun lezat.Daging ayam atau kambing yang digunakan mempunyai tekstur yang sangat lembut,serta kuah pada soto ini bening dan segar.

4. Sate Ayam Blora

Kuliner Khas Asli Blora, Jawa Tengah

 

Sate Ayam Blora ini memang sudah dikenal hampir seluruh Indonesia karena karena sate ini mempunyai ciri khas dan cita rasanya yang lezat, Sate blora ini mempunyai bumbu bumbu khas yang menjadikanya beda dengan yang lainya, soto blora ini juga sangat cocok dipadukan dengan nasi hangat ataupun lontong,ditambah dengan taburan bawang goreng yang menjadikanya soto ini ada rasa gurihnya.

5. Lontong Tahu

Kuliner Khas Asli Blora, Jawa Tengah

 

Lontong tahu ini merupakan kuliner khas blora yang menjadi sasaran utama para pecinta kuliner yang datang ke Blora, makanan yang katanya super murah ini  memiliki rasa yang khas, juga berbeda dengan lontong tahu di daerah lain, hal ini disebabkan karena para penjual lontong tahu khas Blora hanya memakai satu kecap yang digunakan,dan kecapnya diproduksi di kota itu sendiri,sehingga terpadu antara bumbu bumbu lainnya, yang menjadikan nikmatnya lontong tahu ini.

Itulah hanya sebagian beberapa Kuliner Khas Kota Blora yang lagi populer saat ini. Untuk anda pecinta kuliner silahkan jalan jalan ke kota blora, sebab selain mempunyai aneka ragam kuliner yang khas kota yang terkenal akan minyaknya ini juga menyimpan banyak wisata alami lainya. Guwa Serawang contohnya.

Baca juga Sego Jagung Bothok yuyu Khas Purwodadi

Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan :)
Comments