Senin, 28 November 2016

Kuliner Khas Asli Demak, Jawa Tengah

Kuliner Khas Asli Demak, Jawa Tengah - Daerah Demak, merupakan salah satu Daerah di Provinsi Jawa Tengah. Daerah ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa di barat, Daerah Jepara di utara, Daerah Kudus di timur, Daerah Grobogan di tenggara, serta Kota Semarang dan Daerah Semarang di sebelah barat. Demak sendiri terdapat Kuliner khas yang terkenal di antaranya Kuliner khas yang terkenal di demak yaitu : Asem-asem Demak, Botok Telur Asin, nasi Ndoreng, Nasi brongkos,dan bakso balungan. Walaupun semestinya masih banyak lagi Kuliner Khas Asli Demak yang khas, namun hanya beberapa saja yang saya ulas, sebab dari banyaknya kuliner khas asli Demak yang sangat populer saat ini adalah sebagai berikut :

1.  Asem-Asem Demak

Kuliner Khas Asli Demak, Jawa Tengah



Asem-Asem Daging Sapi atau Asem-Asem ini juga merupakan slamasakan khas dari Daerah Demak. Meskipun berasal dari Demak namun Asem Asem Daging juga terdapat di daerah lain di Jateng, DIY dan Jatim. Asem-Asem Demak terbuat dari beberapa bahan yaitu daging sapi, kacang panjang/ buncis, tomat hijau, bilimbing wuluh. Sedangkan bumbunya terbuat dari bawang merah, bawang putih, daun salam, laos, cabe merah besar, Kecap manis, garam dan merica.

2.  Botok Telur Asin


Botok Telur Asin


Botok Telur Asin merpakan kuliner khas asli Demak, Masakan Botok Telur Asin kini tidak hanya di Demak tapi sudah ada dimana-mana hingga di Jakarta dapat ditemukan masakan ini. Nah jika anda ingin memasaknya sendiri ini yang perlu anda siapkan sebelumnya :
yang paling pokok adalah telur asin mentah tentunya, tahu, kelapa parut kasar, cabai merah besar, daun salam, cabai rawit merah, daun pisang, air. Sedangkan bahan bumbu Botok Telur Asin adalah bawang merah, bawang putih, lengkuas, kencur, garam, gula merah.


3.  Nasi Ndoreng

Nasi Ndoreng



Nasi Ndoreng merupakan masakan khas Asli Demak juga.  Yang biasanya di sajikan Pada acara Megengan di Alun-Alun Demak, Nasi Ndoreng sekarang mudah ditemui. Nasi Ndoreng terbuat dari campuran Nasi, Urap dari berbagai macam sayur-sayuran, Pelas (Botok).

4.   Nasi Brongkos

Nasi Brongkos



Nasi Brongkos merupakan masakan khas asli dari Daerah Demak. Nasi Brongkos merupakan masakan yang menjadi menu sarapan di pagi hari. Sedangkan jika anda ingin membuatnya sendiri ini bahan2nya untuk membuat nasi brongkos adalah buah kentang, buncis, kacang merah, santan, serai, jahe, lengkuas, daun salam, minyak goreng, Garam. Sedangkan untuk bumbunya terbuat dari nangka muda, bawang putih, bawang merah, asam jawa, gula.


5.  Bakso Balungan



Bakso Balungan


Bakso Balungan ini juga merupakan makanan khas masyarakat ndemak. bakso ini adalah salah satu jenis masakan bakso yang menambahkan balungan (tulang) di dalam menyajikannya. Bakso Balungan yang menjadikan kasnya Kuliner dari Demak ini. Awalnya Bakso balungan ini muncul dari bisnis soto kerbau yang menjadi ciri khas soto di kawasan Demak, Kudus, Pati, dan sekitarnya. Kalau daging kerbau banyak dipakai untuk soto dan rawon, tulangnya dimanfaatkan untuk campuran bakso.

Itulah hanya beberapa kuliner khas asli demak yang lagi populer saat ini.

Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan :)
Comments