Jumat, 06 Februari 2015

Sejarah Kadipaten carangsoko - Paranggaruda


SEJARAH KADIPATEN CARANGSOKO - PARANGGARUDA JAMAN MATARAM HINDU

JAMAN MATARAM HINDU
KADIPATEN CARANGSO. PARANGGARU DA

Seputar era ke VIII’daerah Muria masih tetap terpisah dengan yang diberi nama Pulau Jawa. Di daerah itu ada suatu gunung yang diberi nama Gunung Muria. Daratan Pulau Muria dengan daratan Pulau Jawa dipisahkan oleh selat Muria.
Daerah Pati terdapat dibagian lokasi tenggara Gunung Muria. Sebagian era lalu selat Muria makin lama jadi daratan lantaran ada pendangkalan oleh endapan lumpur dan penyempitan pantai hingga Pulau Muria jadi satu daratan dengan Pulau Jawa. Disebabkan penyempitan jadi selat Muria beralih jadi Bengawan Silugangga atau Sungai Juwana lantaran bermuara di daerah Juwana.

Sejarah Kadipaten carangsoko - Paranggaruda
Lokasi Pati utara serta Pati selatan dipisahkan oleh Sungai Juwana. Lokasi Pati utara usianya lebih tua bila dibanding dengan lokasi Pati selatan. Di lokasi utara jauh dari Sungai Juwana pernah berdiri kerajaan besar yakni KerajaƤn Kalingga yang di pimpin oleh Ratu Shima.
Sesudah Kerajaan Kalingga selesai, kerajaan selanjutnya yang berkuasa yaitu Kerajaan Mataram Hindu yang di pimpin oleh raja-raja keturunan serta Syailendra serta Sanjaya, yang pusat pemerintahannya ada di daerah pedalaman Jawa Tengah. Saat Kerajaan Mataram Hindu geser ke daerah Jawa Timur, pada era XII di daerah tenggara Gunung Muria ada dua pusat pemeri ntahan satu tingkat kadipaten. Ke-2 daerah itu yaitu Kadipaten Carangsoka serta Kadipaten Paranggaruda.

Kadipaten Carangsoka wilayahnya ada di daerah utara Sungai Juwana. Penguasa Kadipaten Carangsoka bergelar Adi pati Puspahandungjaya, memiliki putra tunggal bernama Dewi Rayungwulan. Lokasi kekuasaan Kadipaten Carangsoka mencakup daerah yang saat ini adalah kecamatan : Trangkil, Juwana, Pati, Margorejo, Tlogowungu, Gembong, Wedarijaksa. Margoyoso, Tayu, Dukuhseti. Gunungwungkal, Cluwak, serta beberapa mencakup lokasi Jepara sisi timur.
Sisa pusat pemerintahan Carangsoka ada di Desa Sukoharjo Kecamatan Wedarijaksa.
Kadipaten Paranggaruda Wilayahnya ada di daerah selatan Sungai Juwana. Penguasa Kadipaten Paranggaruda bergelar Adipati Yudapati, memiliki putra tunggal bernama Raden Josari. Lokasi kekuasaan Kadipaten Paranggaruda mencakup daerah yang saat ini adalah kecamatan Batangan, Jaken, Jakenan, Pucakwangi, Winong, Sukolilo. Kayen, Tarnbakromo, Gabus, serta beberapa lokasi Rembang sisi barat. Sisa pusat pernerintahan Paranggaruda ada di Desa Goda Kecamatan Winong.


Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan :)
Comments