Senin, 24 Oktober 2016

5 Wisata Kuliner Khas Pati Yang Lagi Trend 2016

Kuliner Pati - Sudahkah anda berkunjung ke Pati...??, Kabupaten Pati merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Tengah. Sebagian besar lokasi Kabupaten Pati merupakan dataran rendah. Untuk Pati selatan (perbatasan dengan Kabupaten Grobogan serta Kabupaten Blora) ada serangkaian Pegunungan Kapur Utara. Sisi barat laut (perbatasan dengan Kabupaten Kudus serta Kabupaten Jepara) berbentuk perbukitan. Sisi timur berbatasan dengan Kabupaten Rembang. Sungai paling besar yaitu Sungai Juwana, yang bermuara di daerah Juwana.

Pati sendiri memiliki banyak kuliner khas yang enak, nah bila jalan-jalan ke pati janganlah lupa untuk singgah ke warung tempat makanan khasnya, baru baru ini kuliner khas pati ada yang lagi trend diantaranya adalah kuliner khas pati yang trend salah satunya yaitu Nasi Gandul, Mangut Ndas Manyung, Soto Kemiri, Petis Kambing Runting, Kotokan Gereh Tongkol serta Nasi Tewel, tetapi pada kesempatan ini ane akan sedikit mengulas tentang 5 Wisata Kuliner Khas Pati Yang Lagi Trend 2016  di bawah ini :

1. Nasi Gandul 

5 Wisata Kuliner Khas Pati Yang Lagi Trend 2016
 Nasi Gandul 

Gandul sendiri berarti menggantung. Pikulan itu naik-turun bersamaan dengan langkah si penjual. Diluar itu, ada versus lain yang mengatakan perihal nasi gandul, yakni nasi yang gemandul, dengan kata lain tak melekat pada piringnya. Lantaran waktu kita beli nasi gandul itu piringnya diberi susunan daun pisang diatasnya, hingga jadikan merasa lebih khasnya serta lebih nikmat karenanya ada aroma daun pisang.

2. Soto Ayam Kemiri 
5 Wisata Kuliner Khas Pati Yang Lagi Trend 2016
Soto Ayam Kemiri 


Soto kemiri ini datang dari desa Kemiri, kemiri adalah salah satu desa di Kabupaten Pati yang terdapat di samping utara terminal pati. hingga nama soto di namai sesuai sama dari daerah aslinya, soto kemiri ini memiliki ketidaksamaan dalam soal pembuatannya, soto kemiri ini di buat lewat cara mengopyok seluruhnya bahan yang bakal di sajikan. Lewat cara pembuatan seperti ini, hal itu yang jadikan kekhasnya, Soto kemiri ini biasanya di sajikan dengan ayam goreng yang garing.

3. Nasi Tewel

5 Wisata Kuliner Khas Pati Yang Lagi Trend 2016
Nasi Tewel

Nasi tewel sendiri merupakan nasi serta sayur nangka muda (tewel, gori, cecek -Bahasa Jawa). Lalu di sajikan dengan piring yang dilapis daun jati. Hingga aroma khas daun jati yang terhirup berbarengan aroma tewel jadikan khasnya mkanan ini. Dengan rasa sedikit pedas juga berikan sensasi sendiri. Sego tewel ini disajikan cuma dengan lauk tempe goreng serta bakwan. Sangatlah simpel. Untuk tiga jumlah nasi tewel

4. Petis Kambing Runting 
5 Wisata Kuliner Khas Pati Yang Lagi Trend 2016
Petis Kambing Runting 

Petis kambing runting ini adalah gabungan masakan daging kambing. bila dipandang Sepintas serupa seperti gule. lantaran kuahnya hijau bersantan. Tetapi yang jadikan lain adalah kuahnya bercampur tepung beras serta rebusan daging yang telah lebur. hingga makanan khas yang satu ini banyak butiran kenyal hangat yang lumer saat kuah telah masuk di mulut. Rasa kuanya itu gurih.

5. Gethuk Runting 
5 Wisata Kuliner Khas Pati Yang Lagi Trend 2016
Gethuk Runting 


Makanan khas gethuk runting ini memakai bahan basic singkong, Singkong yang awalnya dikukus sampai masak ini, lalu ditumbuk sampai halus serta diberi tambahan dengan sedikit garam untuk memberikan rasa gurih pada getuk ini. Getuk ini biasanya di sajikan dengan penambahan taburan kelapa parut serta serundeng atau di celup gula merah. Lalu dibungkus dengan daun pisang.

Itulah sedikit ulasan mengenai 5 Wisata Kuliner Khas Pati Yang Lagi Trend 2016 semoga menambah pengetahuan mengenai kuliner khas kota Pati.

Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan :)
Comments