Rabu, 08 April 2015

Pencari Galih Asem Kemis Sulit dikendalikan


Kayen Pati - Dengan tumbangnya pohon Asem Kemis, kini mendatangkan problema tersendiri. Para Pencari Galih Pohon Asem Kemis kini Sulit dikendalikan. Mereka yang datang bukan hanya daerah kayen saja, namun banyak para pendatang dari luar daerah Pati yang datang hanya sekedar untuk mendapatkan galih dari batang pohon Asem Kemis tersebut.

Pencari Galih Asem Kemis Sulit dikendalikan

Pencari Galih Asem Kemis Sulit dikendalikan

Banyak dari mereka yang memaksa untuk mengambil galih dengan alat gergaji maupun pahat. walaupun selalu diperingati oleh pihak panitia mereka tetep membandel untuk bisa mendapatkan galih dari pohon keramat ini.

Pihak Panitia yang dimotori dari Takmir Masjid Darunnajah Kayen sampai kualahan untuk menghimbau agar tidak mengambil galih dari pohon Asem Kemis tersebut. Pasalnya selain akan diteliti oleh Badan Arkeologi dari Yogyakarta, Pohon ini rencananya akan didirikan kembali oleh pihak panitia.Dengan maksud agar bukti sejarah peninggalan dari Syeh Jangkung ini tidak hilang begitu saja.
Pencari Galih Asem Kemis Sulit dikendalikan


"Pohon ini rencananya akan didirikan kembali dengan tinggi sekitaar 3 s.d 3,5 meter dari akar" begitu tutur dari Kyai Muh. Arobi selaku Wakil ketua takmir Masjid  Darrunnajah kayen.

Para tokoh masyarakat kayen pun sepakat untuk mendirikan kembali Pohon Asem Kemis ini sebagai Benda Bersejarah peninggalan Syeh Jangkung ini.agar Peninggalan Benda bersejarah ini tidak hilang.

Tonton Juga Video Pencarian Galih Pasca Tumbangnya Asem Kemis

Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan :)
Comments