Senin, 20 April 2015

Sejarah Singkat Terbentuknya Kota Pati

Sejarah Singkat Terbentuknya Kota Pati - Kabupaten Pati merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di sebelah barat ada kabupaten Kudus dan Jepara, kabupaten Rembang disebelah timurnya, sedangkan kabupaten Blora dan Grobogan berada di sebelah selatannya. Selain itu, disebelah utara juga berbatasan dengan Laut Jawa. Selain itu juga terdapat rangkaian pegungungan kapur utara yang membentang di bagian selatan perbatasan dengan Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Blora.  

Sejarah Singkat Terbentuknya Kota Pati

Kabupaten yang terkenal dengan produksi kacangnya ini ternyata mempunyai sejarah yang menarik. Barang siapa yang memiliki dua pusaka tersebut, akan mampu menguasai dan berkuasa memerintah di Pulau Jawa. Dan Pusaka itu diserahkan kembali kepada Raden Sukmayana. Usaha Yuyu rumpung untuk menguasai dan memiliki dua pusaka itu gagal. Dan peperangan tidak dapat dielakkan. Dengan dibantu oleh Dalang Sapanyana, dan yang menggunakan kedua pusaka itu dapat menghancurkan prajurit Paranggaruda.

Menurut kitab Babat pati, di pulau jawa pada era ke XIII kurang lebih pada tahun 1292 masehi, terjadi kevakuman kekuasaan. Kerajaan Pajajaran yang mulai runtuh, Kerajaan Singosari sedang surut, namun kerajaan Majapahit belum berdiri. Di pulau JawaTengah di sekitar gunung muria sisi timur keluar dua penguasa lokal yang mengangkat dirinya sendiri adipati serta daerah kekuasaanya di sebut kadipaten. 
Yang pertama yaitu adipati Yudhapati dengan daerah kekuasaanya bernama kadipaten Paranggaruda wilayah kekuasaanya yaitu mencakup sungai juwana ke selatan hingga di pegunungan gamping berbatasan dengan kadipaten grobogan. Adipati Yudhopati memiliki putra Raden Jasari. Sedang yang ke-2 kadipaten Carangsoko adipatinya bernama Puspa Andungjaya lokasi kekuasaannya mencakup sungai juwana hingga pantai utara jateng bagian timur serta memiliki putri yang bernama Rara Rayungwulan.

Sejarah Singkat Terbentuknya Kota Pati


Untuk dapat mengembangkan pembangunan dan memajukan pemerintahan jaman itu di wilayahnya Adipati Raden Tambranegara memindahkan pusat pemerintahan Kadipaten Pesantenan yang semula berada di desa Kemiri menuju ke arah barat yaitu, di desa Kaborongan, dan mengganti nama Kadipaten Pesantenan menjadi Kadipaten Pati.
Dalam prasasti Tuhannaru, yang diketemukan di desa Sidateka, wilayah Kabupaten Majakerta yang tersimpan di musium Trowulan. Pada waktu itu Kyai Ageng Pati, yang bernama Tambranegara menghadap ke Majalengka, yaitu Majapahit.
Sejarah Singkat Terbentuknya Kota Pati


Pisowanan agung yang dihadiri oleh Raden Tambranegara ke Majapahit pada tanggal 13 Desember 1323, maka diperkirakan bahwa pindahnya Kadipaten Pesantenan dari Desa Kemiri ke Desa Kaborongan dan menjadi Kabupaten Pati itu pada bulan Juli dan Agustus 1323 M (Masehi). Ada tiga tanggal yang baik pada bulan Juli dan Agustus 1323 yaitu : 3 Juli, 7 Agustus dan 14 Agustus 1323.
Untuk itu maka setiap tanggal 7 Agustus 1323 ditetapkan dan diperingati sebagai ” HARI JADI KABUPATEN PATI .


Demikian Sedikit Ulasan mengenai Sejarah Singkat Terbentuknya Kota Pati. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda mengenai kota pati.

Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan :)
Comments