Rabu, 08 April 2015

Video Perlawanan Masyarakat Samin Pati Vs Semen

Samin Pati Vs Semen Video ini adalah Hasil dokumenter  dari dari perjalanan Ekspedisi Indonesia Biru yang di rekam Sejak tahun 2006. Video yang menggambarkan tentanag masyarakat Samin yang ada di sekitar pegunungan Kendeng (Jawa Tengah) mempertahankan lahan pertanian nya  yang produktif dari kepentingan industri semen. Di antara mereka hidup komunitas masyarakat Sedulur Sikep (Samin) yang memiliki sejarah panjang untuk menolak kolonialisme sejak 1907.


Video Perlawanan Masyarakat Samin Pati Vs Semen


Dalam video ini juga digambarkan tentang pengikut Samin yang pernah menolak membayar pajak kepada pemerintahan Kolonial Belanda pada tahun 1890 an.
Masyarakat Pati sekarang ini dibuat tidak nyaman karena dibayang-bayangi akan didirikan pabrik semen di wilayah kendheng. Sampai saat ini pun masyakat masih melakukan demo untuk menolak berdirinya pabrik semen di pegunungan kendhen Pati.

Video Dokumenter Masyarakat Samin Vs Semen ini semoga mengetuk hati para pejabat pemerintah jawa tengah, akan nasib masyarakat kecil di Pati, khususnya masyarakat yang terkena dampak pabrik semen jika nanti Pabrik semen jadi beroperasi di wilayah Kendheng.


Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan saya tampilkan :)
Comments